Selasa, 04 November 2008

Topik 3 : Mencari Web dengan Fasilitas Search Engine

Search engine merupakan fasilitas untuk melakukan browsing yang digunakan untuk mencari informasi dalam waktu singkat. Cukup dengan mengetikkan kata kunci di kotak yang tersedia, website yang bersangkutan dengan informasi yang kita cari akan mucul..
Macam-macam Search engine yang popular di Indonesia dan sering digunakan pada saat akses internet ada beberapa di antaranya yaitu :
1. Search engine Google



Google adalah Search engine yang sangat popular, khususnya di Indonesia. Google memiliki kecepatan akses yang baik.Hal itu dipengaruhi oleh modem dan keandalan mesin pencari. Kelemahan Google antara lain tidak menyediakan fasilitas video, mp3, dan sejenisnya. Selain itu, dulu Google tidak menyediakan layanan e-mail gratis. Namun, saat ini Google telah melengkapi denganfasilitas e-mail yang berdiri sendiri yaitu G-mail.

2. Search engine msn




msn adalah Search engine yang dibuat oleh Microsoft selain ENCARTA. msn ini jarang dipakai tetapi pencarian msn tsb lebih lengkap daripada Yahoo! dan Google. Keunggulan yang dimiliki msn adalah terdapatnya fasilitas berupa ketegori-kategori dalam pemilihan bentuk data yang dicari, misalnya: web, news, images, local, desktop, dll.


3. Search engine Yahoo!




Yahoo! adalah pelopor Search engine di dunia. Hampir 60% pengguna internet menggunakan Search engine Yahoo! untuk mecari informasi. Tampilan halaman depannya mudah dipahami dan terorganisir sehingga mempermudah seseorang untuk mencari informasi bahkan untuk orang-orang yang baru pertama kali menggunakan internet. Keunggulan yahoo dibandingkan Search engine lain adalah dapat mencari informasi benda bergerak ,seperti video, mp3, gambar animasi, musik, dll. Yahoo juga menyediakan e-mail gratis dan chatting. Kapasitas pengiriman email mecakup seluruh dunia.Yahoo juga memiliki keunggulan pada bidang bahasa. Jadi yahoo dibuat dalam berbagai macam bahasa.


Diposting oleh :
Argatha Febriansyah -XI IA 1 - 06

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Very fine......